Tips Mudah Mencuci Mobil Sendiri

Buat Mobilmu Selalu Baru. Dimulai dari: Rajin Nyuci Mobil
Eksklusif oleh Nabil Bakri

(Teks berikut telah diperbaharui (2018) dalam hal tatanan, bukan inti artikel. Artikel berikut ditulis pada tahun 2015 dan 'gaya penulisan' penulis mungkin sudah berubah, tetapi maksud artikel ini tetap sama)

Copyright HONDA INDONESIA-US

Sebelumnya, aku kasih tau dulu alesan kenapa aku ‘berani’ nulis artikel berisi tips-tips membuat mobilmu jadi selalu baru. Semua karena aku udah denger semua pernyataan ini (truly! I mean it!), padahal bukan mobil baru tahun 2015.

“Mobil sampeyan kok selalu bersih. Saya nggak pernah lihat mobil sampeyan kotor.” –Pemilik tempat isi ulang air mineral.

“Mobilnya awet banget ya.”-Pemilik bengkel 

“Mobilnya kinclong banget.”-Pemilik bengkel 

“Mobilnya masih kelihatan tangguh.”-Rose

“Mobilmu kok bersih terus, sih?”-Temen

“Mobinya dijual nggak?”-Dua pemilik bengkel, satu makelar sampe dateng ke rumah

“Ini mobilnya habis dicat ulang, ya?” (padahal enggak)-tetangga

Nah, mungkin banyak di antara kamu yang baru dapet mobil pertama, masuk SMA/Kuliah atau hasil bisnis pertama. Biasanya, untuk mobil pertama pemberian ortu, walau ortu mampu belikan kita Camaro juga mereka nggak akan mau, paling yang biasa-biasa dulu. Atau kalau baru ngerasain berhasil beli mobil sendiri, ya, awal-awal masih yang sederhana dulu, lah. So, mungkin kebanyakan dari kita ngerasa banget jadi Sam Witwicky (Shia LeBouf) pas maen di Transformers pertama. Tapi, tenang, ibarat Sam Witwicky juga, yang awalnya ortunya gak mau beli mobil bagus-bagus buat dia, tapi ternyata mobilnya adalah sebuah Camaro terbaru! Nah, ada sisi unik dalam casis setiap mobil, hehe. Nah, sekarang tergantung gimana kita mengeluarkan sisi unik itu. Tentu aja, mobil bakalan kelihatan bagus kalau catnya oke, interior oke, semua bagus. Tapi, kadang kalau dapet mobil lama, banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Nah, pelan-pelan, pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan mobil bersih. Sebagai mobil yang sukanya buat nganter ke bandara, nongkrong di parkiran basement, dll, mobilku dituntut untuk selalu bersih. Nah, gimana bersihin mobil yang oke biar kelihatan kinclong dan kayak baru??

(Copyright Paramount) Camaro tua dalam Transformers


Pertama, tentu, siapin tetek-bengek keperluan ‘grooming’ mobil, mulai dari sabun, kain lap, dll. Oh, ya, disaranin cuci sendiri di rumah, ya, soalnya kalau cuci di tempat cuci mobil sering nggak bersih. Kalau mau ke cucian mobil sebulan sekali aja, itupun karena sekalian minta disemprot oli plastik biar kaki-kakinya awet dan kinclong.

Cek foto









***

Keterangan foto:
A. Cairan pembersih kaca depan. Baiknya dimasukkan ke dalam tampungan air penyiram kaca. Kalau untuk memberikan kilap dan menghilangkan jamur, baiknya dengan cairan khusus.

B. Car Wax

C. Pelumas serbaguna. Baiknya untuk melumasi daerah mesin, semisal Fan Belt.

D. Cairan pembersih dan pengkilap dasbor.

E. Cairan pengilap metal, baiknya digunakan untuk velg metal (yang tidak diwarnai/dicat), atau besi pelindung bumper atau bumper metal. Merk Brasso disarankan karena merk yang diakui Kerajaan Inggris dan digunakan di Buckingham.

Nah, ada beberapa lagi yang nggak aku foto. Pertama sabun. Sabun mobil bisa suka-suka. Kalau aku pakai sabun cuci Sunlight (sebut merk, karena belum coba merk lain, takutnya bahaya). Tapi, kalau takut, bisa pakai yang umum semisal Kit atau sekalian yang Kit Shampoo+Wax. Kalau untuk sabun/shampo emang beneran suka-suka dan kebiasaannya aja, soalnya, kegunaan sabun sama, cuman buat bersihin, bukan bikin kinclong.

Kedua, kain lap (plas chamois, kebanyakan orang sebut Kanebo). Ini juga bisa sesukanya, menyesuaikan duit di dompet. Ada yang murah di bawah 20rb, ada yang sampe ratusan ribu. Kalau ada duitnya, mending beli yang rada mahal sekalian. Sekalian, spons. Nah, untuk spons ini ada baiknya hati-hati, karena spons yang terlalu kasar bisa bikin mobil lecet. Baiknya beli aja yang khusus buat mobil. Harganya relatif murah, di bawah 20rb.


Ketiga, cairan penghitam ban. Ini penting supaya ban lebih kilap. Beli aja Kit khusus roda mobil. Kalu bisa beli yang dioleskan (pakai kuas), jangan yang semprot, karena hasilnya bagus yang kuas. Tapi, kalau mau bikin sisi dalam ban juga kinclong, baru pakai yang semprot karena susah menggapainya kalau pakai kuas.

Begini, nih:

1. Basahi mobil dengan air bersih. Kalau air keran kalian ada lumutnya, sebaiknya hati-hati, lumutnya bisa nempel nggak ketahuan dan kalo kena panas jadi keras. Kalau udah basah, baru kasih sabun, yang rata. Nggak usah kuat-kuat neken spons-nya, bisa-bisa lecet. Kalo udah rata, langsung bilas, jangan nunggu lama-lama, ngak semua jenis sabun aman buat cat kalo dibiarin sampe kering. Nah, buat amannya, langsung bilas aja. Oiya, kalau nyuci jangan di bawah matahari, ya. Jadi...pas pagi ato sore gitu.


2. Kalo udah dibilas, langsung dikeringkan pake kain lap (udah dijelasin jenisnya di atas). Kalau bisa, bagian kap mesin dan pintu belakang didahulukan (lebih cepat kering, terutama mobil jenis kek Kijang, Kuda, Panther). Habis itu jangan lupa atep mobil. Sela-sela pintu (bagian karet-karet pintu) juga harus dilap sampe kering, soalnya bisa nggak ketahuan dan jadi karat. Nah, setia jenis mobil punya kelemahan karat masing-masing, misalnya mobil A mudah karatan di daerah ini, mobil B di daerah itu, dll, harus diperhatikan. Yang paling penting, pastikan mobil kering, karena kalau masih basah, pas kena matahari bakalan timbul bekas tetesan airnya. Kalo udah parah, udah harus di wax baru ilang.

3. Interior harus bersih. Kalo kamu nggak punya penyedot debu khusus mobil, yaudah, pinjem punya ortu yang biasa buat nyedot karpet. Kalo nggak punya, cukup dibersihkan pakai kuas cat yang besar (berfungsi kayak sapu). Setelah interior bersih, ada baiknya kamu kasih anti bau+penyerap lembab, yang harganya nggak nyampe 10rb.



4. Interior bersih membuat kita nyaman dan tidak jadi sumber penyakit karena serangga semisak nyamuk, kecoa, maupun semut nggak betah tinggal di kabin mobil kita. Nah, abis itu baiknya interiornya kamu bagusin. Nah, pake aja cairan pengilap dasbor. Ad banyak merk, tapi saranku Carriera dasbor. Jangan pake 3M Interior Dressing atau dikasih semir sepatu. Kalo emang udah bener-bener kusam dan nggak bisa kinclong dengan cairan pengilap, bawa aja ke autocare. Tapi, sambil nunggu nabung duitnya ada, tetep baiknya kita rawat dasbor, minimal dengan cairan dasbor, membuat dasbor nggak gampang kepanasan kena sinar matahari jadi nggak gampang retah atau bahkan pecah. Untuk mengaplikasikan cairan dasbor jangan pakai kain pengering atau kain lain, tapi jenis kain seperti kain seprai. Kain pada umumnya akan menyerap cairan, jadi malah nggak kena dasbornya. Kalo kain seprai atau sarung bantal malah bisa rata.


5. Kalo mobil udah kinclong, ban juga harus kinclong. Kasih cairan pengilap ban sebisa mungkin kalo ban udah kering. Tapi kalo buru-buru, waktu masih basah juga gapapa. Saran pakai Kit, jangan pakai Carriera pengilap ban. Kalo bagian mobil lain ada yang berbahan karet, bisa juga sekalian dikasih. Kalau ada bagian yang berupa moulding, baiknya dikasih 3M interior dressing. Atau, kalau dirasa tanggung, ya sekalian nanti dipoles aja.

6. Engsel pintu, kasih pelumas. Kalo bagian mesin, misal karet sabuk kipas, bisa dikasih dengan contoh gambar C. Kalo bisa, kaca juga dikasih cairan penghilang lemak dan jamur. Kalau ini bisa disesuakian, tapi hati-hati, ada juga yang bahaya jika kena cat mobil.

Semua udah oke, kinclong. Molesnya gimana??

ARTIKEL LENGKAP SEPUTA CARA POLES MOBIL DIY KLIK DI SINI

Kalo mobilmu banyak lecet, ada baiknya dibawa ke autocare yang bisa moles sampe hilang lecet-lecetnya (atau pesan produk2 khusus yang susah ditemui di toko-toko). Kalau moles sendiri di rumah, tujuannya hanya untuk memperkinclong, menghilangkan bekas air yang tampak, goresan halus, kotoran yang nempel (misal kena oli), sekaligus melindungi cat. Nah, ada banyak merk, bisa dipilih (lihat foto juga ada), kalau aku pakai Waxco. Ada beberapa produk yang bisa diaplikasikan di bawah matahari, tapi saran aja, tetep poles di tempat teduh. Nah, moles sendiri, kalo kamu nggak punya alatnya, bisa jadi tantangan tersendiri. Kamu harus sabar. Kayaknya gampang, tapi sebenernya rada susah. Jangan pernah memoles mobil sekaligus, melainkan bertahap dan merata. Misalnya, dimulai dari kap mesin, itupun separuh dulu.


Nah, oleskan wax ke permukaan mobil yang mau di wax, sampai rata. Gunakan kain sejenis kain kaus dalam atau baju olahraga anak SD. Itu yang bagus. Nah, lap dengan gerakan memutar, sampai rata, dan kira-kira cukup mengkinclongkan mobil. Setelah itu, lipat bagian kain yang belum kena wax, dan lap untuk menghilangkan sisa-sisa wax yang belum hilang. Santai aja, jangan terlalu ditekan-tekan, apalagi kalo ada goresan, itu gak bakalan hilang. Nah, pasti kelihatan lebih kinclong, dan kalau kamu pegang, bakalan terasa lebih halus dari bagian mobil yang belum diwax. Kalau belum terasa kasar lagi, berarti belum diharuskan untuk di wax ulang. Catetan, ya, ngewax mobil sendiri emang cukup susah dan bikin capek. Pegel banget, makannya jangan langsung sekaligus. Apalagi kalo mobilmu Pajero Sport, Grand Touring, atau X-Trail.

***




Komentar