Deretan Mobil Impian Akhir 90-an Sampai Awal 2000-an


Saya dulu masih kelas 1 SD sewaktu mobil-mobil ini populer. Tapi dulu beli mobil belum segampang sekarang, jadi memiliki mobil masih merupakan prestige tersendiri. Nah, dulu...mobil sejuta umat adalah Suzuki Carry, yang jelas tidak akan saya masukkan daftar karena itu bukan mobil impian. Saya coba menuliskan dari ingatan dan apa yang saya rasakan sebagai seorang anak SD...

1. Toyota Kijang Kapsul (LGX, Krista, dll)

(ATAS: Toyota Kijang Krista di Afrika Selatan dinamai Toyota Condor/ source (this picture belongs to): http://www.toyota-car-parts.co.za)

Mobil yang namanya ‘Kijang’ memang sudah legendaris dan banyak yang punya pada waktu itu, termasuk keluarga saya pakai, tapi yang banyak dipakai masih berupa Super Kijang, Kijang Jantan, Grand Extra, dan macam-macam Kijang ‘kotak’ lainnya. Nah, kemunculan Kijang Kapsul sempat membuat geger karena bentuknya yang membulat. Orang cukup terpukau karena sebelumnya bentuk kijang masih kotak. Mobil ini mulai dibuat di tahun-tahun akhir 90-an (1997) dan masih populer hingga sekitar tahun 2004, sebelum Kijang Innova muncul. Bahkan, Kijang Kapsul sejatinya adalah generasi Kijang terakhir karena Kijang Innova bentuknya berubah terlalu jauh dan masyarakat kini lebih mengenal nama ‘Innova’ tanpa menyebut nama ‘Kijang’. Nah, dulu, kalau lihat mobil ini rasanya pingin punya. Ya...bagus aja, gitu, lihat bentuknya yang bulat karena belum terbiasa melihat mobil dengan lekuk-lekuk lengkung yang luar biasa. Amazing, lah, hehe.



2. Isuzu Panther
(ATAS: Isuzu Panther Hi-Grade 1994 BAWAH: Isuzu Hi-Lander X-Treme/Panther Hi-Sporty SOURCE: Private Photo and Isuzu Philippines Community on Facebook)

Panther sudah dibuat sejak awal 90-an tapi bentuknya tidak berubah sampai tahun 2000. Dalam jangka waktu itu terjadi perubahan total di bagian mesin dan ada facelift yakni pengubahan grill yang lebih lengkung dan lampu depan dibuat lebih lengkung dengan ujung bawah menjorok meruncing ke arah grill, yang mana sebelumnya desain grill hanya kotak dengan lampu yang kotak seperti TV tabung. Panther muncul sebagai saingan Kijang. Bentuknya dirasa cukup pas karena tidak seperti Kijang, Panther mengusung tema desain yang tidak terlalu kotak tapi tidak terlalu bulat. Sekarang ada New Panther, tapi mesinnya masih sama dengan generai 1996-2000 dan bentuknya hanya berubah sedikit, yakni dibuat lebih lonjong dan mengganti desain dudukan lampu saja. Dari segi ukuran, kenyamanan, dan bentuk kasar, sebetulnya sama saja. Nah, yang menarik Panther memiliki urutan kedudukan. Posisi tertinggi adalah New Hi Grade yang paling mewah, diikuti oleh Hi-Sporty yang sama mewahnya tapi sisi kenyamanannya berkurang karena bodynya yang besar (ketambahan moulding dan fender) serta ban-nya yang besar. Nah, kalau dulu saya suka sekali mantengin Isuzu Panther lewat. Pokoknya suka sama Hi-Grade dan warnanya harus merah. Panther sendiri masih diproduksi tapi kurang diminati. Walaupun ada yang terbaru, tapi masa jaya Panther adalah 1996-2000.

3. Mitsubishi Kuda

(Mitsubishi Kuda from WIKIPEDIA)
(ATAS: FACELIFT! di Tiongkok, Kuda dinamai FREECA dan di Filipina dinamai Mitsubishi Adventure yang masih diproduksi walau di Indonesia sudah diskontinu

Antara Kijang Kapsul, Panther 2.5L, dan Mitsubishi Kuda, sebenarnya ada kemiripan desain. Nah, bagi yang menggemari MPV dan mencari alternatif selain mobil-mobil yang ‘pasaran’ alias Kijang dan Panther, biasanya memilih Kuda. Nah, yang unik adalah generasi Kuda di Indonesia tidak pernah mengalami perubahan bentuk sama sekali, kecuali pengubahan grill, dudukan lampu, dan pintu belakang yang tidak lagi belahan (seperti pada Kijang kotak dan Panther). Kuda mengusung tema gagah nan elegan yang disukai banyak orang. Layaknya Panther, Kuda menghindari bentuk yang terlalu bulat dan terlalu kotak, tapi mengambil jalan tengah, sehingga bentuknya bisa lebih timeless, terbukti dengan fakta bahwa Kuda masih diproduksi hinga tahun 2005 di Indonesia dan di Filipina masih diproduksi bahkan sampai artikel ini ditulis. Biasa, sih, kalau melihat Kuda jadi terpukau. Bahkan, desai lampu sinyal belok depan Kuda versi awal sudah berbentuk meruncing dari atas kemudian membelok menuju lampu depan. Hal ini baru dilakukan Panther pada generasi 2001-sekarang. Parahnya adalah Kijang Kapsul yang malah memilih desain lampu sinyal belok membulat dan menunjam ke bawah, sehingga ujung runcingnya di bawah bukannya di atas, jadinya malah mirip ½ lingkaran bukannya bulan sabit.

4. Daihatsu Taruna

Gimana, ya...mobil ini sesuatu banget pada masanya. Bentuknya itu, lho, benar-benar eksklusif. Taruna benar-benar menggebrak pandangan desain otomotif. Bentuknya yang futuristik membuatnya seolah akan timeless. Apalagi, mobil ini menggunakan desain peletakan ban serep di pintu belakang, yang membuatnya tampak makin gagah. Kesannya mobil ini high-class. Yang punya juga tidak banyak-banyak amat. Desain interiornya pun sudah cukup modern pada waktu itu. Nah, ada hal menarik, nih, yakni bagian-bagian Taruna masih dipakai di mobil-mobil lain sekarang. Coba saja lihat pintunya. Dan salah satu yang membuat orang melongo menatapnya adalah karena ada ‘hiasan’ lampu yang menempel di bodi yakni di samping kanan-kiri kaca belakang. Fungsinya hanya sebagai hiasan, tapi itu makin memberikan kesan futuristik. Barulah di generasi yang lebih baru hiasan itu difungsikan sebagai lampu. Sesuatu, deh, pokoknya Taruna ini. Aduh, kalau ingat dulu bisa sampai nangis pingin diantar sekolah pakai Taruna.

5. Hyundai Trajet


Mobilnya orang high class. Itu bawaannya kalau lihat mobil ini, pasalnya digunakan dalam film Joshua Oh Joshua di mana mobil ini adalah milik Tuan Jefry, ayah kandung Joshua dalam cerita. Sebagai anak yang terpukau dengan film ini, bawaannya jadi ingin jadi seperti Joshua. Well, ada-ada saja impian anak kecil. Anyway, mobil ini sepertinya dulu cukup jarang, dan mirisnya, sekarang mobil ini sama sekali tidak populer (kecuali mungkin penerusnya alias generasi terbaru). Bahkan, pernah lihat belum lama ini ‘Mobilnya Joshua’, begitu sebutan saya untuk mobil ini, dijual di depan sebuah toko onderdil mobil di pinggir jalan. Bukannya di showroom, mobilnya seolah menangis dipajang di pinggir jalan dengan tulisan ‘DIJUAL’ besar dari kardus. Ckckck...

6. Suzuki Escudo

Meliatinnya sampai melongo, efeknya sama dengan efek mantengin Taruna. Tutup lembaran buku Suzuki Vitara yang dulu sangat digemari. ‘Kini’ ada Escudo. Well...bentuknya yang membulat dengan ban serep di pintu belakang memberikan kesan gagah dan eksklusif. Pokoknya sepaket, deh, kalau mimpiin punya Taruna pasti sekalian punya Escudo, buat gantian, wkwkwk.

7. Mitsubishi Galant
(this picture belongs to Zonderpump.com)


Sekarang sudah pada kepincut sama Mitsubishi Lancer yang sekarang jadi mobil kebanggaan pak polisi (edit di 2018: sekarang Nissan Almera). Tapi dulu, wuih, Galant memberikan kesan mobilnya anak muda nan keren, anak-anak SMA dan kuliahan yang macho. Mobilnya yang tampak ‘seksi’ dan garang semakin menambah pesonanya. Sayangnya...sekarang sudah...well...begitulah, nasibnya. Terlupakan oleh waktu.

8. Nissan Terrano

foto:penghemat-bbm.com

Haha, sampai sekarang saya masih kagum sama Terrano. Bentuknya itu, lho. Saya TIDAK suka mobil KOTAK (Kijang kotak, atau bahkan Hummer). Terrano ini tidak sekapsul Kijang, bahkan Panther 2.5L Hi Grade (yang dulu sebutannya Panther Kotak) masih lebih lengkung daripada Terrano. Tapi, itu dia pesonanya. Mobilnya kotak tapi terlihat pas dan mantab. Bentuknya yang sederhana justru semakin menambah kesan garang dan eksklusif (di luar negeri bentuk Terrano di generasi akhir 90-an sampai 2000an malah aneh dan timpang tidak pas). Kalau ngelihat Terrano warna hitam dengan ban serep terpampang di pintu belakang, catnya masih kinclong pula, saat itulah, terkadang saya merasa ingin mengendarai Terrano. Sayangnya Terrano tidak dilanjutkan karena beralih ke X-Trail yang di beberapa negara namanya bukan X-Trail melainkan Terrano.

9. Honda Jazz

Dahulu kala, sebelum Yaris datang. Sebelum ada yang namanya Outlander Sport dan Juke, sebelum Ford EcoSport datang menghadang, sebelum...well, sudahlah. Honda Jazz. Tahun 90-an belum ada, munculnya baru awal-awal abad 21, mulai sangat populer tahun 2003. Yah...tapi sepertinya mobil ini diasosiasikan dengan cewek. Kalau dulu sih sering lihat Jazz berwarna pink atau kuning, mobil yang biasa dipake cewek-cewek kuliahan. Tapi makin ke sini Jazz makin ‘neutral’ alias gak peduli yang make cowok atau cewek, malah dianggap mobil yang keren sampai datanglah Yaris. Nah, sekarang sih karismanya mulai berkurang. Yah...semakin banyak mobil yang dulu berjaya mulai hilang karismanya.

                Nah...untuk mengenang masa-masa jaya mereka...hmm...coba kita ingat-ingat bentuk Pajero Sport, Fortuner, New CR-V, All New Avanza, Ertiga, Fiesta, dll...apa yang akan terjadi pada mereka 15 tahun ke depan? Waktu berjalan lebih cepat dari membalikkan telapak tangan, ternyata.

Mobil-mobil berikut juga sangat populer dahulu kala:

-Suzuki Baleno (generasi 2000-an sampai sekarang tidak pernah bisa menyamai pesona sewaktu Baleno di tahin 90-an)


(picture license: YouTube Fair-Use)
-Honda Civic
(this picture belongs to WIKIMEDIA COMMONS)


-Toyota Soluna
(source: WIKIPEDIA, walau dipakai untuk taksi, tapi sama halnya dengan Vios, peminatnya pun banyak)
-Chevrolet Blazer (Opel)
(this picture belongs to Auto.com)
...2018, 2019, 2020,... tik-tok jejak baik apa yang sudah kau tinggalkan untuk dikenang di masa depan...

Komentar