Cara Mudah dan Benar Poles Mobil Dengan KIT WAX/COMPOUND

Oleh Nabil Bakri


                Nah, sudah lama saya tidak memberikan tips perawatan mobil. Walau dulu sudah pernah saya bagikan cara-cara dan merk Wax mobil yang bagus (dan murah), kali ini saya akan membagikan tips lain menggunakan merk Wax yang berbeda. Saya dulu sangat kecewa dengan merk KIT karena aplikasinya susah dan noda Wax sering menempel pada mobil. Bukannya membuat kinclong, malah membuat mobil makin buruk rupa. Karena itulah saya mencoba-coba merk lain yang cara pakainya jauh lebih mudah, praktis, murah, dan hasilnya benar-benar memuaskan. Tapi kemudian saya ingin mencoba lagi menggunakan KIT, mungkin dulu itu saya salah pakainya sehingga hasilnya tidak maksimal. Akhirnya saya cari-cari tahu di label sekian banyak produk KIT, dan saya menemukan satu poin penting yakni Kain Microfiber. Sebelumnya saya masih berpegang pada ‘murah’ dan ‘harus menggunakan barang yang ada di rumah’, Microfiber ini bukan barang yang sehari-hari dipakai di rumah, jadi memang harus beli sendiri. Nah, langsung saja, kita praktikkan menggunakan Wax dari KIT.

A. APA YANG HARUS DISIAPKAN?

1. MOBIL


Ya, Anda harus punya mobil atau mobil pacar juga boleh, untuk menunjukkan cinta rela membersihkan. Dijamin, dia akan makin cinta setelah lihat mobilnya makin cantik seperti baru! Wkwkwk!

2. KIT GRAND PRIX PREMIUM COMPOUND


Merknya harus ini, ya, karena ini yang kita pakai untuk praktik. Kalau Anda pakai merk lain, saya tidak tahu menahu kalau hasilnya tidak maksimal. Kenapa? Karena Compound KIT ini nanti akan digunakan bersama dengan produk KIT lainnya, jadi di uji coba kali ini yang harus disiapkan adalah KIT GRAND PRIX PREMIUM COMPOUND. Harganya tidak terlalu mahal. Saya lupa harganya, tapi sepertinya Rp50.000 ke bawah. Ini banyak dijual di toko-toko serba ada atau mungkin di franchise Mart-Mart itu, atau di Carrefour/Transmart. Pokoknya kunci uji coba ini adalah produknya mudah dicari dan dijual bebas di pasaran.

3. KIT DETAILER FINISHING SPRAY


Nah, karena kedua benda pengkilap ini produk dari KIT semua, pastikan Anda membeli merk yang sama agar hasil maksimal dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. KIT Detailer ini banyak dijual di franchise Mart-Mart atau Carrefour/Transmart, sama saja dengan Compound-nya.

4. SPONS MICROFIBER dan KAIN MICROFBER


Nah, ada sebuah produk Spons cuci mobil yang berfungsi ganda sebagai kain microfiber. Spons ini nanti akan digunakan untuk mengusapkan Compound ke permukaan mobil. Kalau Anda tidak punya, bisa pakai kain microfiber biasa. Kenapa pakai yang berbentuk Spons? Karena akan mempermudah tangan mencengkeram microgiber di bawah Spons sehingga saat mengusap permukaan mobil lebih nyaman. Nah, siapkan satu atau dua kain microfiber terpisah untuk mengusap KIT Detailer nantinya.




B. LANGKAH-LANGKAH

1. MOBIL YANG BERSIH


Pastikan mobil dalam keadaan kering habis dicuci/bersih. Kenapa? Karena kalau mobil kotor, kotoran yang menempel bisa terdorong kain microfiber dan menyebabkan goresan saat kita mengusap permukaan mobil. Selain itu, permukaan yang kotor akan membuat kain microfiber cepat kotor sehingga proses Wax jadi lebih lama, lebih repot, dan hasilnya tidak maksimal. Sama halnya jika mobil basah, kain akan menjadi basah dan justru memperlambat proses Waxing.

2. TENTUKAN TITIK AWAL


Jangan langsung tergesa-gesa mengusap-usap asal seluruh body mobil, pilih panel per panel atau sudut demi sudut. Misalnya, pilih bagian kap mesin dulu, atau pintu kanan depan dulu. Yang jelas, tentukan mau mulai memoles dari sebelah mana dan lakukan secara urut jangan lompat-lompat. Kenapa? Ini karena tergantung ukuran dan jenis mobilnya, proses Waxing bisa memakan tenaga dan waktu yang cukup banyak. Memoles panel per panel akan memudahkan kita saat sewaktu-waktu harus berhenti memoles. Memoles secara acak akan mempersulit karena hasil polesan bisa tidak rata dan untuk mobil yang sudah bertahun-tahun tidak pernah di Wax bisa menjadi belang. Selain itu, Wax tidak boleh dibiarkan lama-lama menempel di cat, jadi poleslah sedikit demi sedikit.

3. MULAI


-Tuangkan Compound ke Spons microfiber atau kain microfiber, secukupnya saja jangan berlebihan. Kenapa? Kalau terlalu banyak, Compund akan terserap ke dalam spons/kicrofiber sehingga mubadzir.


- Usapkan dengan gerakan lurus atau membulat, sama saja, tergantung kebutuhan, posisi, dan kontur/liuk body mobil.
-Tekan lebih kuat pada bagian yang mengalami goresan/baret/lecet halus sampai goresan halusnya hilang. Jangan buang-buang tenaga kalau ada goresan dalam/parah, tidak akan hilang dan harus dibawa ke bengkel cat. Memaksa goresan parah diusap-usap tanpa henti justru berpotensi merusak cat mobil.


-Jangan tunggu sampai kering. Begitu permukaan sudah diusap rata dengan Compound, langsung semprot dengan KIT Detailer.


-Gunakan kain Microfiber YANG TERPISAH alias kain baru yang belum terkena Compound untuk mengusapnya.


-Usap terus sampai sisa-sisa Compound hilang. Kalau perlu, bagian-bagian yang masih kusam disemprot lagi sampai noda Compound benar-benar hilang. Proses ini bisa cukup memakan waktu tergantung ukuran mobil Anda, jadi sabra dan pelan-pelan saja. Nah, apa alasan memakai KIT Detailer? Begini ceritanya, saya memang coba-coba menyemprotkan Detailer ke permukaan mobil saat sedang Waxing dan ternyata, Detailer ini MEMPERMUDAH proses menghilangkan sisa-sisa Compound di permukaan mobil. Jadi, proses Waxing yang memakan waktu dan tenaga yang banyak bisa dipangkas SETENGAHNYA dengan menyemprotkan KIT Detailer.


-Perpaduan Compound dan Deailer ini bisa diaplikasikan pada lampu depan mobil baik yang terbuat dari kaca maupun plastic. Misalnya, mobil tes ini walau baru berumur beberapa tahun lampu depannya sudah menguning. Compound ini mungkin TIDAK bisa sepenuhnya mengembalikan rona bening lampu, tapi MENGURANGI DRASTIS. Selain itu, ini bisa digunakan untuk memoles spion Chrome/Krom.


AWAS!: Jangan digunakan untuk Lampu/Lampu sein yang berwrna (missal merah, kuning, atau oranye) dan jangan digunakan untuk memoles STIKER, LIST, atau EMBLEM kendaraan karena berpotensi membuat warnanya pudar.


4. HASILNYA

Nah, coba diraba permukaan mobilnya. Kalau sudah halus, itu berarti proses Waxing sudah sukses. Selamat mencoba!


Mobil tes yang dipakai adalah Isuzu Panther Hi Sporty lansiran tahun 1997. Foto menampilkan kondisi terbaru saat artikel ini dibuat. Ada dua bagian yang diedit yaitu penambahan logo Isuzu untuk 1) memperjelas logo pada grill, dan 2) mengganti posisi NoPol--selain itu tidak ada editan lainnya, termasuk warna, kecerahan, kontras, ketajaman, dan lain-lain tidak ada yang diubah sama sekali. Mobil ini telah direview oleh YouTuber B Channel Indonesia. Banyak sekali mobil Panther yang mengambil tipe dari mobil lain misalnya TRD dari Toyota, RS dari Honda, dan 4X4 dari berbagai kendaraan 4X4. Untuk tampil berbeda tanpa mengambil nama tipe dari merk mobil lain, khusus untuk Panther ini dinamai Hi Sporty RSN yakni Road Sovereign yang tentunya aman tidak menjiplak mobil lain karena nama ini orisinil dibuat sendiri. Penulis menyarankan untuk tidak asal pasang stiker atau logo merk mobil lain!

Dan jangan lupa masukkan ke garasi atau tutup dengan jas mobil jika mobil tidak akan segera dipakai.

***
Artikel ini murni merupakan uji coba yang penulis lakukan sendiri. Penulis TIDAK DIBAYAR oleh KIT untuk promosi. Foto yang ditampilkan diambil langsung oleh penulis saat proses uji coba.

Komentar