Ayo Poles Mobilmu! Begini Cara Gampang dan Bener Poles Mobil Sendiri!

Oleh


Mau, kan, mobilmu kinclong gini??

Terinspirasi nulis ini di momen lebaran, saat di mana mobil bakalan di bawa muter-muter lebih jauh dari biasanya. Anyway, kalo sehari-hari emang enak pergi naik mobil bensin (kissing Mobilio RS), tapi ketika perjalanan jauh menurutku memang baiknya pakai MPV diesel dan kebetulan ortu punya satu yang usianya sudah cukup...yah, cukup. Tapi ini bisa jadi bahan praktik yang oke, karena mobil lama rata-rata udah pada kusam dan tidak terawat. Bayangin kalo kamu ke tempat sodara pake mobil kotor...hmm, ya nggak papa, sih, tapi kan mending kalo mobil kinclong. Tidak masalah setua apapun mobilmu, kalau kamu ngerawat dengan baik, maka akan tampil elegan. Coba aja liat mobil-mobil ini. Mereka mewah, masih baru, tapi 'bentuknya' udah ada dari jaman kakek gua. Tapi masih kelihatan elegan karena kinclong dan terawat. (haha, itulah mengapa disebut 'retro')






Well, apa mobilmu? Vitara 1993? Blazer '96? LGX 2003? Jazz '04? Xenia '10? Gak masalah kalau kamu bisa memunculkan 'aura' elegan memancar darinya. Nah, aku tau aku udah ngasih tips 'nyuci mobil' dan nyebut merk yang aku pakai, tapi aku selalu bereksperimen dan sekarang aku pakai produk lain. Eits, artikel ini bukan promosi, ya, hehehe, gua kagak dibayar sama pihak merk ini, kok. Sebenernya banyak produk yang manjur dan mudah dipakai, tapi kamu harus pesen lewat pihak tertentu dan harganya mahal. Nah, artikel ini aku tulis buat kamu yang maunya gampang, "Nyari aja di toko deket rumah." Well, benda ini aku dapetin di Carefour. Harga normalnya 80rb-an, tapi Carrefour sering kasih diskon jadi 50rb-an. Kebetulan aku beli dapetnya selalu pas diskon. Ini dia, PG! (haha, 'piggy'!!!).



Nah, langsung aja kita praktek. Pertama, siapin dulu 'atribut' untuk 'eksekusi'. Gampang, kok, bisa kamu dapetin di rumahmu sendiri:



1. Kamu harus punya mobil. Ya, ngapain coba, beli wax dan peralatan mobil lain kalo nggak punya mobil?

2. Kain kering. Pastikan kain ini bahannya kayak yang biasa dipake buat seragam olah raga anak SD/SMP (aku kagak tahu nama jenis kainnya, coba liat gambanya, moga aja kamu tahu). Kalo nggak ada ya...kaos dalem nggak kepakek. Tapi kalo kamu pake kaos dalem, pastikan kamu punya sarung tangan finishing, yakni sarung tangan yang dibuat ngelap mobil setelah di wax. Banyak dijual, kok, aku beli di Carrefour. Harganya 30rb-an.

3. Kanebo alias Plas Chamois. PERHATIAN! Kanebo yang mau kamu pake harus kanebo tersendiri, maksudnya, jangan gunakan kanebo yang kamu pakai buat wax untuk mencuci mobil. Intinya, sedia 2 kanebo: satu buat nyuci mobil, satu lagi buat wax.

4. Wax PG (yang aku rekomendasikan tadi)

Merk wax ini cukup unik karena di dalamnya tersedia petunjuk yang menyerupai komik, jadi kamu bakal lebih paham menggunakannya.



Well, siapkan selang, nyalakan air, dan mandikan mobil!

1. Pastikan mobilmu dalam keadaan bersih dan kering. Kalau mobilmu penuh kotoran, bersihkan dulu. Kalau masih basah, tunggu sampai kering atau keringkan dulu sebelum melakukan pemolesan. Kadang orang tanya: Ah, apa iya harus begitu?-Iya, permukaan mobil yang kotor (berdebu/lumpur) jika diwax bisa menimbulkan terjadi goresan halus karena pasir yang menempel akan ditekan dan diusap-usapkan ke permukaan mobil, menimbulkan goresan. Ketika mobil basah, cairan wax tidak bisa melingkupi permukaan mobil dengan rata, jadi kalau dilihat-lihat mobilmu warnanya bisa belang kayak pergelangan tangan yang kena matahari dan yang ketutup baju, haha.


Kalo males beneran, yaudah, bawa aja ke tempat cuci mobil


2. Setelah mobilmu bersih dan kering, bilas kanebo dengan air dan diperas. Yang dibutuhkan adalah kanebo lembab, bukan basah. Jadi, pastikan kamu memeras kuat-kuat.



3. Jangan langsung tuangkan wax ke kanebo, tapi kocok dulu selama beberapa belas detik. Nah, setelah itu, jangan langsung dioleskan ke mobil atau ke tangan. Langsung oleskan ke kanebo yang tadi sudah dibasahi dan usapkan ke permukaan mobil. AWAS! Proses pemolesan bisa bikin kita pegel, jadi jangan 'ngoyo' alias maksain mau meratakan wax ke seluruh mobil, cukup bagian-bagian kecil saja. Misalnya, pertama kamu mau poles kap mesinnya dulu.

4. Usapkan kanebo secara membulat dan rata. Kalau wax di kanebo sudah habis teratakan padahal masih ada sudut mobil yang belum kena, JANGAN kamu paksain untuk mengelapnya dengan sisa wax yang menempel di sudut lainnya (Gue mau moles kap. Nah, tinggal sejengkal lagi molesnya, tapi wax di kanebo udah habis. Udah, lah, terusin aja, toh masih ada 'sisa-sisa' wax sedikit, daripada harus ngasih wax lagi, tanggung!). Walau hanya tinggal sejengkal bagian yang belum terusap wax dengan rata, kamu tetap harus menuangkan wax lagi ke kanebo dan memolesnya dengan rata.



5. Setelah mobil terusap rata oleh wax, yang harus kamu lakukan adalah menunggu. Yah, 10-15 menit. Pokoknya sampai wax tadi kering. Kalau belum kering, jangan dilap dulu. Tapi jangan terlalu lama. Cukup 10-15 menit, dan jangan lakukan di bawah matahari (atau malam hari!)

6. Setelah wax mengering dan mobil kelihatan kayak ditutupi debu, itulah saat yang tepat kita lap permukaannya. Lap dengan baju olahraga tadi dengan gerakan membulat juga. Kalau bagian baju sudah mulai kusam dan kotor ditempeli sisa-sisa wax, kamu harus menggantinya (misalnya kamu ngelap bagian pintu kanan dengan lengan baju, maka bagian pintu kiri dengan bagian depan baju, pintu belakang dengan belakang baju, dan bagian kap dengan cara membalik baju olahraga tadi)

7. Voila! Mobilmu akan terlihat lebih kinclong! Aku sampe sempat dituduh melakukan 're-paint' alias cat ulang, tapi dengan bangga aku pastikan, mobil ini asli keluaran Agustus 1997 dan catnya masih asli (original paint is sweeet! Suatu hal yang membanggakan ketika kamu punya mobil lama DENGAN CATATAN catnya masih asli nan kinclong. Itu nilai plus!)

Mohon foto mobil ortu saya ini jangan disalahgunakan, ya...


Nah, setelah selesau, coba kamu usap mobilmu dengan tangan. Mobilmu akan terasa haluuuus banget. Selama setiap dipegang masih halus, itu berarti kamu belum perlu memolesnya lagi.

UJI KETAHANAN

Aku mencuci mobil ini, memolesnya. Setelah itu, satu minggu penuh tidak dicuci, sengaja aku lewatin lumpur-lumpur dan debu. Setelah mobil kelihatan kacau bak tanah berjalan, aku cuci dan saat disentuh, permukaannya masih halus alias licin. Itu berarti wax-nya masih bertahan. Itu seminggu sebelum lebaran, dan saat itulah sebuah lampu menyala di atas kepalaku dan hasilnya adalah tulisan yang kamu baca ini.


Saran tambahan aja, baiknya kamu pakaikan kain/baju/mantel penutup mobil, apalagi kalau kamu menaruh mobilmu di luar.
Inget, ya, ini bukan promosi, sekedar tips.
Melakukan wax bukan bertujuan untuk MENGHILANGKAN segala bentuk goresan, melainkan hanya memulihkan kilau asli cat mobilnya. Jika kamu mau memperbaiki body yang tergores, baiknya langsung dibawa ke Auto Care/Repaint (jika goresannya dalam dan memengaruhi bentuk body, misalnya ada yang patah atau mengelupas) atau salon mobil khusus (jika goresan hanya berupa garis tipis).

Note: GIF diambil dari giphy.com
semua foto Isuzu Panther Hi-Sporty, wax PG, dan Plas Chamois adalah koleksi pribadi (silakan diperbesar untuk melihat foto lebih detil, itu HD)


Komentar