10 Mobil Paling Timeless di Indonesia


10 Mobil Paling Timeless di Indonesia Pilihan Penulis (Versi PLATGEO)

Oleh Nabil Bakri
instagram

(Copyright Isuzu Motors) Hayo, mobil apa ini? Ini adalah Isuzu AXIOM sayang sekali tidak masuk Indonesia

Saat ini, kita sedang menyaksikan momen perubahan besar-besaran di dunia otomotif. Memang mobil terbang yang diprediksi akan ada di tahun 2015 oleh film Back to the Future belum kesampaian, bahkan mobil listrik pun belum bisa menggeser posisi mobil BBM dan Indonesia masih belum benar-benar punya mobil buatan sendiri yang bisa dibangga-banggakan. Perubahan yang saya maksud belum sebesar itu, melainkan rombakan total dari segi desain. Kalau kita melihat ke belakang, rombakan desain paling besar yang terakhir kali terjadi adalah pada awal 90-an di mana mobil-mobil mulai berubah dari ‘kotak’ ke ‘kapsul’ alias dari ‘kaku’ ke ‘dinamis’. Nah, kini kita menyaksikan perubahan desain berikutnya yang akan membuka pintu bagi mobil tahun 2020-an, meninggalkan desain 2000-an dan 2010-an jauh di belakang. Perubahan paling besar selain dari segi interior dan teknologi, juga tampak dari segi desain exterior terutama permainan bentuk lampu yang kian hari kian sipit dan kian meruncing, meninggalkan bentuk lampu ‘melongo’ alias ‘lebar’. Mulai dari desain body kit, desain velg, lekukan dudukan foglamp, tarikan garis liuk di sepanjang body, chrome yang semakin banyak, dan masih banyak lagi detil yang ditambahkan di mobil terbaru, untuk menyambut pergantian dekade.

(Copyright Nissan)

Akan tetapi, walau desain mobil terus berubah, ada saja mobil yang menolak untuk menua, seperti Eminem saja. Mobil-mobil ini, jika dalam kondisi terawat, melenggang di jalan dengan masih memancarkan pesona. Bahkan, tidak sedikit orang yang bingung untuk menebak tahun produksinya karena “dibilang baru, nggak, dibilang tua kok kayaknya nggak terlalu tua juga, jadi tahun berapa ini????” Nah, berikut penulis menyuguhkan daftar 10 Mobil Paling Timeless yang mengaspal di Indonesia (dengan catatan sekarang sudah discontinue dan merupakan mobil yang umum/banyak dijumpai di jalan alias bukan mobil super mewah milyaran rupiah). Kesepuluh mobil adalah pilihan penulis, merupakan mobil-mobil yang penulis anggap masih berterima di era sekarang, dan jika diminta membeli mobil bekas, penulis akan mempertimbangkan kesepuluh mobil ini. Penulis menjamin jika kesepuluh mobil ini tampil terawatt, cat masih mulus, interior bersih nan rapih, pasti akan menjadi pusat perhatian tersendiri. Yah, tak usah panjang lebar, langsung saja berikut daftarnya…

(CATATAN: SEMUA INI BERLAKU JIKA KONDISI MOBIL MASIH TERAWAT)

10 Chevrolet Blazer 2nd Gen (1995-2005)

(Copyright Chevrolet)

Selain sering sekali muncul di film-film Hollywood, Blazer memiliki sebuah iklan yang keren di mana mobil ini dibawa balapan lari dengan menjangan, melewati longsor bebatuan, dan berakselerasi zig-zag menghindari rintangan batang pohon yang berjatuhan. Tentu saja itu merupakan iklan luar biasa dilihat dari tahun rilisnya yakni 1996. Chevrolet Blazer sampai sekarang masih tampak gagah karena desainnya terbukti disukai banyak orang sehingga baru setelah satu decade penuh, kendaraan ini berhenti diproduksi. Bahkan, generasi sebelumnya mengusung desain pokok yang sama dan desain seperti ini erbukti diminati oleh banyak orang. Karena sering sekali muncul di film Blockbuster sebagai mobil pejabat atau agen khusus, kalau kamu punya mobil ini dan masih terawatt, mobil ini akan tampak bersinar tidak mau dimakan zaman.

09 Toyota Corona Absolute (1992-1996)

(Copyright Toyota)
(Copyright CarDomain)

Saya menilai desain Corona lebih unggul ketimbang Corolla dari tahun yang sama. Mobil ini tampak lebih proporsional dan lebih dinamis. Catatan penting adalah pada lampu belakangnya yang didesain menyambung. Walau desain seperti ini identik dengan mobil jadul, Toyota tetap mempertahankan kesederhanaan dan keselarasan desain sehingga tidak kelihatan ‘norak’ dan masih Timeless sampai sekarang.

08 Honda Civic (Acura CSX Design) 8th Gen (2006-2011)
(Copyright Honda)
(Copyright Honda)

Melihatnya sekilas, banyak sekali orang yang tidak menyangka bahwa mobil ini sudah diproduksi mulai tahun 2005 (dipasarkan tahun 2006) dan kalau begitu, pastilah desainnya dibuat sebelum 2005. Mobil ini memang kala itu tampak menjadi lompatan desain yang cukup besar pada Honda Civic karena aslinya mobil ini adalah keluaran Acura yakni Acura CX yang sekalian dipilih Honda untuk menjadi penerus Civic. Mobil ini, walau tampak elegan, memiliki karakteristik mobil-mobil timeless pada umunya yakni bentuknya pada dasarnya cukup sederhana dan ‘tidak nyentrik’. Sebetulnya itulah kunci desain mobil untuk timeless, yaitu ‘tidak nyentrik’ karena kalau ‘nyentrik’ akan mudah sekali bosan karena ‘nyentrik’ pasti mengikuti perkembangan style yang cepat sekali berubah dan akan mudah sekali ditebak tahun produksinya karena terlalu mencolok. Jalan tengahnya adalah ‘mengaburkan’ ciri khas sebuah generasi sehingga di masa mendatang sulit ditebak dan tampak selalu Timeless karena seringkali kita, saat sudah sampai titik jenuh, mengatakan, “Oke, back to basic!” sehingga hal-hal yang basic terutama desain exterior sangat baik dan menguntungkan.

07 Honda Stream 1st Gen Facelift (2003-2006)

(Copyright Honda)

Stream yang saya pilih adalah yang sudah mengalami facelift yang perubahan paling besarnya adalah desain lampu depan. Stream ini merupakan mobil dengan desain timeless karena sampai saat ini pun desain serupa masih bisa kita lihat di Honda Odyssey 2012, Nissan Grand Livina 2018, atau Mitsubishi Grandis 2013. Mereka berbeda tetapi konsep kasarnya sebetulnya sama. Honda Stream sampai saat ini masih disukai banyak orang karena bentuknya memang timeless dan menolak tua.

06 Suzuki Grand Escudo (1999-2005)
(Copyright Suzuki)
(Copyright Suzuki)

Saya merasa Escudo kurang proporsional karena bentuknya yang ‘mencoba’ Sporty tapi dipaksa berbody pendek/short dan kesan gagahnya seolah hanya setengah dan tidak terlalu elegan. Nah, Grand Escudo memberikan solusinya dengan memanjangkan body Escudo sehingga tampak lebih berisi dan gagah. Hal ini karena mobil kapsul yang pendek tidak cocok jika dipasang hiasan ala-ala SUV dengan roda cadangan di belakang (Jiminy atau Katana cocok karena kotak, bahkan Vitara/Escudo yang kotak juga cocok), bahkan Kijang Rangga yang sejatinya Kijang Short tampak sedikit timpang ketika dilengkapi roda cadangan di belakang ala-ala SUV off-roader. Tapi jika bodynya panjang, akan cocok, seperti Pajero 1996, Land Cruiser kapsul (bukan yang mobil penculik, hahaha, dan yang mobil penculik itu pun lebih kotak sehingga cocok). Suzuki Grand Escudo tampil gagah, elegan, tidak berlebihan, dan yang pasti Timeless.

05 Daihatsu Taruna-Long (1999-2006)

(Copyright Daihatsu)

Entah kenapa banyak sekali mobil yang besar-gagah dan nampak sporty itu biasanya timeless. Taruna termasuk di dalamnya. Tidak seperti saudaranya yakni Terios generasi 1 yang seperti kue yangko karena tampak dibantatkan sebab bentuknya yang pendek, body Taruna sedikit dipanjangkan sehingga bentuknya tampak lebih proporsional (ingat masalah Escudo di nomor 6). Selain itu, desain lampu belakang (hiasan) sudah sangat ‘modern’ di masanya dan seperti yang kita tahu, banyak sekali mobil masa kini yang menggunakan lampu memanjang seperti ini. Jika lampu hiasan pada Taruna (sudah berfungsi di edisi OXXY) difungsikan oleh pemiliknya, maka tentu akan terlihat lebih kekinian.

04 Suzuki Baleno 1st Gen Facelift (1999-2002)

(Copyright Suzuki)

Inilah sedan masa jaya Baleno di mana Baleno selanjutnya gagal total dalam menyaingi kejayaan pendahulunya ini. Hanya saja, Baleno yang saya pilih adalah baleno edisi facelift yang mana dudukan lampu depan yang sebelumnya segi empat menjadi bundar mengikuti Mercedes sedangkan keseluruhan body-nya yang sederhana secara tegas mengikuti BMW M3 90-an. Bentuknya yang ‘netral’ alias tidak ‘berlebihan’ membuat orang semakin sulit menebak tahun produksinya. Dalam kondisi mulus terawatt, mobil ini tidak akan tampak ‘di dunia berbeda’ saat mengaspal bersama mobil-mobil keluaran terbaru karena saya rasa inilah sosok Baleno yang timeless.

03 Isuzu Panther Touring (2001-2004)

(Copyright MILIK PENULIS)

Seperti halnya Chevrolet Blazer di nomor 10 dan (bocoran sedikit) si jawara nomor satu di daftar ini, Panther Touring memiliki konsep gagah nan spoty. Tampangnya yang bongsor membuatnya tampak siap dibawa bertualang ke medan manapun. Bukan Panther Grand Touring yang masuk daftar karena versi ini masih diproduksi sampai sekarang, tapi masih diproduksinya Grand Touring menunjukkan betapa timeless-nya desain Touring. Bermula dari Panther Hi-Sporty yang sekali lagi, tetap mengekor desain Blazer, si nomor 1, dan banyak mobil-mobil SUV bertajuk adventurer lainnya, Panther Touring muncul sebagai perwujudan mobil petualang sejati lengkap dengan roda cadangan di belakangnya dan terbukti timeless karena Grand Touring masih banyak peminatnya padahal bentuknya sama dengan Touring hanya saja dudukan lampu diubah dan roda cadangan sudah tidak ditaruh di belakang lagi.

02 BMW E36 M3 (1992-1999/BMW 3 Series E36 1990-2000)

(Copyright Bringatrailer)
(Copyright Bringatrailer)

Sampai saat ini, inilah sedan yang bagi saya paling seksi karena bentuknya sangat proporsional dan menampilkan kesederhanaan yang memikat. Sedan ini juga memadukan kekakuan dan kelembutan bentuk, ‘kotak’ dan ‘kapsul’, tapi kelihatan pas, tidak ‘neko-neko’, ‘to the point’, dan ‘stands out’. Baik dari depan, belakang, maupun samping, mobil ini tampak proporsional dan terlihat seperti sedan sejati. Sekali lagi, kesederhanaan menunjukkan sisi timeless karena memang biasanya mobil mewah dari segi exterior justru mengutamakan kesederhanaan yang proporsional dan dinamis. Selain bentuknya saya rasa monumental, sedan ini juga sempat menjadi primadona sebuah generasi masa lalu yang elegan dan sporty yang hingga kini menolak untuk tidak sporty.

01 Nissan Terrano/(US)Pathfinder (1995-2006)

(Copyright Wikipedia)
(Copyright NISSAN ONLINE SOURCEROOM)

Kotak tapi elegan. Terrano adalah salah satu mobil yang desainnya sangat saya sukai. Mobil ini tampil sederhana dan memang, mobil yang timeless atau mobil mewah biasanya bentuknya sederhana, tidak banyak hiasan-hiasan yang membuat mobil terlihat ramai dan seolah-olah ricer atau custom. Coba saja lihat Camaro (Bumblebee 2007), Rolls Royce Phantom 2010, atau Maserati GranTurismo 2010. Semuanya tampil sederhana namun elegan, dan mobil-mobil yang kebanyakan ‘hiasan’ atau bentuknya ‘aneh-aneh’ justru cepat ketinggalan jaman. Lihat saja DeLorean 1985. Memang, kini DeLorean kembali populer, tapi bukan karena mobilnya Timeless melainkan karena sudah kelihatan ketinggalan jaman dan popular lewat film Back to the Future. Kesederhanaan nan elegan inilah yang ditawarkan oleh Terrano. Apa buktinya? Terrano yang dikenal juga sebagai Pathfinder sebenarnya sudah diproduksi sejak 1980-an dan saat di Amerika sudah diskontinu tahun 1995, baru masuk di Indonesia sampai 2006. Selama sekitar dua dekade mobil ini tidak berubah bentuknya dan tetap disukai. Ini menunjukkan bahwa mobil ini tetap tampak gagah tak peduli gerusan zaman.
Nah, kalau kamu masih ingin membaca seputar mobil di blog ini, bisa pilih rekomendasi berikut ini:


(Copyright Bringatrailer)
(Copyright NICO CLUB)


Komentar